Sesuai Dosis

Seorang dosen pertanian pernah bilang kurang lebih seperti ini "Penggunaan pestisida diperbolehkan asalkan sesuai dosis" lalu pernah bilang juga "Ketika hama menyerang tanaman telah melebihi ambang ekonomi maka petani dianjurkan untuk menggunakan pestisida". Saya cenderung tidak setuju dengan si dosen itu. Menurut saya penggunaan pestisida sudah terlalu banyak, hampir di setiap desa yang mudah akses jalanya selalu menggunakan barang haram* itu. Lalu ketika itu diperbolehkan meskipun sesuai dosis dan telah melampaui ambang batas, mau jadi apa alam kita? kita semua sudah tau lah semua hal tentang pestisida.

Mungkin tidak begitu menjadi masalah kalau pestisida belum banyak digunakan orang, dampaknya tidak begitu parah dan dapat ditangani akibatnya. Tetapi sekarang dengan kondisi saat ini dan dengan rekomendasi si dosen itu tampaknya hanya akan memperparah keadaan. Yang perlu diingat bagaimanapun juga pertanian adalah modifikasi lingkungan. Jadi manusia perlu menyadari bahwa dirinya bukanlah mahluk yang superior, yang bisa seenaknya membunuh mahluk lainnya termasuk mahluk yang disebutnya hama oleh manusia. Pestisida adalah alat pembunuhnya.

Parahnya si dosen berbicara di depan mahasiswanya disaat kuliah. Mungkin suatu hari nanti mahasiswanya akan merekomendasikan hal yang sama kepada petani. Lalu apa yang terjadi? peran kampus hanyalah menyebarkan barang haram tersebut. Kalau begitu apa gunanya kampus pertanian? inilah tugas kita semua untuk membenahinya.

*Barang haram bukanlah alkohol maupun ganja tetapi pestisida

Comments