Harusnya Aku

Harusnya aku bisa memasak sendiri. Memanen sayur dari kebunku sendiri. Lalu aku tak perlu makan di luar. Uangku tak kan ku habiskan untuk mengenyangkan perutku. Tapi bisa ku belikan buku untuk anak-anak di desa. agar mereka suka membaca, agar mereka banyak wawasannya.

Harusnya aku bisa bangun lebih pagi. Lalu aku pergi kuliah naik sepeda. Aku tak perlu beli bensin yang bisa menghabiskan uangku. Aku juga tak merusak alam ini, membuat polusi, dan membuat bumi ini makin panas. Aku juga tak mau celaka dijalan, banyak yang kebut-kebutan disana. Aku juga tak perlu menyalahkan pemerintah yang menaikan harga BBM. Aku tak perlu emosi melihat segerombol mahasiswa yang memprotes kenaikan BBM dengan memblokir bandara, padahal pesawat sudah akan landing.

Harusnya aku tak hanya berandai-andai, tapi melakukan yang seharusnya kulakukan.

Comments