Selalu Begitu

Apakah kamu pernah merasa bahwa segala sesuatu yang kita temui selalu mengalami kemunduran saat ini? Apakah kamu merasa bahwa keadaan itu dahulu selalu lebih baik daripada sekarang? Atau pernahkah kamu mendengar dari orang yang lebih tua komplain, tentang apa yang kamu lakukan sekarang lebih buruk daripada yang Ia lakukan? Atau cerita orang tua kita yang selalu menyindir tentang kehidupan anak muda sekarang?

Seorang senior sekaligus alumni mahasiswa ketika datang lagi ke kampus dan berjumpa dengan pengurus himpunan mahasiswa sering mengkritik junior nya tentang cara mereka mengurus himpunan. Sebuah lembaga survey juga pernah membuktikan bahwa pemerintahan masa lalu lebih baik daripada sekarang. Atau seorang dekan yang dicaci maki mahasiswa nya karena berbeda jauh dengan gaya kepemimpinan dekan sebelumnya, yang hanya dengan tegur sapa sebagai indikator nya. Atau apalagi? semuanya mengalami kemunduran. Selalu begitu.

Seorang teman pernah bilang "Padahal kita ini udah sip banget lho, masih aja diangep penurunan". Semua orang berhak untuk menilai orang lain dengan caranya masing-masing. Namun didalam menilai seseorang hendaknya kita harus mengalami tahap yang dinamakan introspeksi. Mengevaluasi diri kita sendiri, memperbaiki diri kita terlebih dahulu baru mengajak orang lain untuk berbuat baik pula.

Comments